Selasa, 03 Mei 2011

Selasa Pagi yang Mengejutkan

Pernahkah terpikir oleh kalian untuk menari di kelas perkuliahan?? Sama sekali tidak terpikirkan bagi saya. Selama ini pikiran saya mengenai model belajar di jenjang perkuliahan adalah saya belajar di ruangan yang luas, peserta kuliah yang  banyak, ditambah dosen yang kaku dan tidak menyenangkan sedang menjelaskan di depan kelas tanpa menoleh sekalipun ke arah mahasiswa.
Tapi yang saya dapatkan selama berkuliah di Psikologi USU adalah hal yang sama sekali berbeda. Model mengajar yang bervariatif membuat saya menikmati perkuliahan. Pikiran-pikiran mengenai dosen-dosen tua, kaku nan killer langusung saya singkirkan jauh-jauh ke belakang kepala saya.
Lalu, apa hubungannya dengan kejadian pada Selasa pagi??
Menari. Ya, kami menari diiringi lagu ‘Becak’ yang diinstruksikan oleh dosen. Ke depan, ke belakang, ke kanan, ditekuk. Sihiiiyy, berasa balik ke TK pula. Awalnya kami tidak bisa menyesuaikan gerakan dengan musik karena banyak teman-teman yang menari sambil bernyanyi sehingga musik jadi tidak terdengar. Lalu, dosen memisah kami menjadi dua kelompok dan masing-masing kelompok dipimpin oleh seorang teman yang mengatur dimana gerakan berhenti, dimana tidak melakukan gerakan, dan sebagainya. Alhasil, gerakan kami jadi lebih teratur dalam mengiringi musik itu.
Jadi apa hubungannya dengan psikologi pendidikan??
Menurut saya hubungannya yaitu Bu Dina pagi itu ingin memberikan kami warming up agar kami lebih siap dan rileks dalam menerima materi perkuliahan hari itu. Hal ini cocok juga dengan konsep Paedagogi, suatu usaha yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mempengaruhi seseorang atau sekelompopk orang lain menjadi dewasa atau tingkat hidup dan penghidupan yang lebih tinggi. Disamping itu pedagogik juga merupakan suatu ilmu, sehingga orang menyebutnya ilmu pedagogik. Ilmu pedagogik adalah ilmu yang membicarakan masalah atau persoalan-persoalan dalam pendidikan dan kegiatan-kegiatan mendidik, antara lain seperti tujuan pendidikan, alat pendidikan, cara melaksanakan pendidikan, anak didik, pendidik dan sebagainya.
Cara yang digunakan Bu Dina adalah untuk mengkondisikan kelas agar kegiatan belajar dan mengajar dapat berlangsung efektif. Bagi saya, terserah mau seperti apa cara yang digunakan dalam belajar dan mengajar, yang penting tujuan pembelajaran itu tercapai.
So, menari di kelas?? So what??

1 komentar:

efit mengatakan...

*terbayang nurul menari

^^

Posting Komentar